Beberapa bulan belakangan ini, bahkan mungkin mulai dari dimulainya pemberlakuan penggunaan e-KTP di Indonesia, banyak ada inovasi inovasi yang mucul dari dunia elektronika.

e-KTP yang awalnya berfungsi hanya sebagai kartu identitas masyarakat indonesia, kini ada yang memanfaatkan nya sebagai kunci atau alat untuk menyalakan sesuatu. e-KTP itu sendiri sebenarnya adalah sebuah kartu RFID (Radio Frequency Identification). Hal ini kadang tidak disadari oleh sebagian orang.

RFID itu sendiri adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID, tag RFID atau transponder utuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label atau tag RFID berisi informasi yang disimpan secara elektronik dan dapat dibaca hingga jarak tertentu. Data pada masing masing tag RFID ini bisa saja berbeda satu sama lain dan juga bisa dibuat memiliki data yang sama persis.

Karena e-KTP yang kita pakai di Indonesia ini sudah pasti berbeda satu sama lain, tentunya hal ini menjadi keuntungan bagi kita untuk digunakan sebagai sistem keamanan selama kita bisa menjaga keamanan kartu e-KTP kita masing masing.

Gambar Rangkaian

Untuk mempermudah dalam pembuatan alat “Kunci Motor Dengan e-KTP” ini, ada baiknya kita merangcang purwarupanya dengan menggunakan board arduino terlebih dahulu sebelum mulai merancang design layout PCB nya menjadi dalam satu kesatuan PCB.

Berikut ini adalah gambaran sederhana dari blok diagram Rangkaian Kunci Motor Dengan e-KTP

Gambar 1. Blok Diagram Kunci Motor e-KTP

Berdasarkan gambar blok diagram tersebut komponen yang diperlukan untuk membuat Kunci Motor Dengan e-KTP adalah sebagai berikut :

  1. Board Arduino Uno
  2. Module RFID RC522
  3. Module Relay
  4. Kabel Jumper Male Female
  5. Power Supply

Untuk gambar wiring diagram dari alat yang akan kita buat kalian bisa ikuti gambar berikut sebagai referensi yang tidak jauh berbeda dengan gambar wiring standar dari RFID RC522 untuk arduino :

Gambar 2. Wiring Diagram Kunci Motor e-KTP

Perlu diperhatikan bahwa pemilihan module RFID RC522 yang digunakan disini harus menggunakan firmware terbaru V.2 yang dimana mampu mebaca kartu e-KTP. Untuk memastikan hal ini kalian bisa langsung menanyakan nya kepada penjual, apakah module RFID ini support untuk e-KTP atau tidak.

Pada saat pembelian paket module RFID RC522, kalian juga akan mendapatkan dua buah tag RFID yang salah satunya bisa digunakan sebagai kartu master nantinya. Jangan lupa juga sebelum mulai memprogram arduino nya kalian harus melengkapi library arduino untuk module RC522 nya. Download Coding dan library nya disini :

Kalau kalian bingung bagaimana cara menginstall library arduino, silahkan cek artikel berikut yang membahas tentang bagaimana cara menginstall library arduino :

Setelah itu kalian bisa pastikan dulu kalau library nya sudah ada di software arduino nya. Lalu kalian bisa langsung buka coding example dari library RC522 dengan nama file AccessControl. Coding atau program contoh ini bisa kalian gunakan langsung untuk kunci sepeda motor e-KTP. Kita cuma tinggal perlu mengubah logika nyala relay nya saja agar saat menempelkan e-KTP, relay akan bereaksi kebalikan dari kondisi sebelumnya (Toggle).

Gambar 3. Coding Example RC522

Coding yang haru kamu ubah adalah pada bagian penyalaan relay seperti berikut ini :

void granted ( uint16_t setDelay) {
  digitalWrite(blueLed, LED_OFF);   
  digitalWrite(redLed, LED_OFF);  
  digitalWrite(greenLed, LED_ON);   
  digitalWrite(relay, LOW);    
  delay(setDelay);          
  digitalWrite(relay, HIGH);    
  delay(1000);            
}

Pada coding diatas perhatikan pada bagian relay. Karena pembuat coding menggunakan perangkat relay yang active LOW, sehingga disana terlihat relay diberikan signal LOW terlebih dahulu lalu setelah delay maka diberikan signal HIGH kembali untuk mematikan relay. Sistem seperti ini cocok untuk project kunci pintu atau brankas yang memerlukan kontak sesaat lalu kembali ke kondisi semua setelah nya.

Kalian bisa menggantinya dengan coding toggle sederhana seperti ini :

boolean a=digitalRead(relay);
digitalWrite(relay, !a);    

Untuk kalian yang ingin mendapatkan artikel terbaru dari website ini, silahkan daftarkan email kalian pada form berikut ini

Bergabung dengan 26 pelanggan lain


Untuk yang sudah berhasil membuat alatnya lalu masih bingung untuk cara instalasinya pada sepeda motor, kalian bisa membaca artikel instalasi kunci motor e-KTP berikut ini :

Nah video dari project kunci motor dengan menggunakan e-KTP ini bisa kalian saksikan pada video youtube yang sudah dibuat sebelum nya berikut ini :

Komentar Facebook
Rangkaian Kunci Motor Dengan e-KTP RFID
Tag pada:                

Satu gagasan untuk “Rangkaian Kunci Motor Dengan e-KTP RFID

Tinggalkan Balasan