Kalau sebelum nya kita sudah belajar tentang bagaimana membuat “Rangkaian Kunci Motor Dengan e-KTP RFID“. Sekarang kita akan belajar tentang bagaimana cara instalasinya di sepeda motor.

Jika kalian belum membaca artikel tentang bagaimana cara membuat dan memprogram alat kunci motor dengan menggunakan e-KTP RFID kalian bisa mengunjungi artikel berikut :

Sebelum memulai instalasi kunci motor e-KTP RFID pada sepeda motor, kita harus menentukan dan mengetahui sepeda motor yang akan kita pasangin sistem e-ktp ini. Masing masing tipe dan merk sepeda motor memiliki instalasi wiring kunci kontak yang berbeda beda. Sehingga dalam pemasangan nya kita perlu mengetahui, motor yang akan kita pasang sistem e-KTP ini memiliki berapa pasang kabel pada kunci kontak nya.

Wiring Diagram Sepeda Motor

Salah satu contoh gambar instalasi kabel sebuah sepeda motor adalah Honda Beat. Kalian bisa perhatikan bahwa instalasi kabel milik dari honda beat ini masih tergolong sederhana dan tidak terlalu banyak kabel.

Gambar 1. Wiring diagram Honda Beat

Dari gambar diatas, perhatikan pada bagian kunci kontak nya. Disana terlihat kabel yang terhubung hanya terdiri dari dua kabel saja. Kabel dengan warna merah dan juga kabel dengan warna gelap. Secara lebih detail bisa kalian perhatikan di gambar berikut :

Gambar 2. Kabel kunci kontak Honda Beat

Ini artinya fungsi dari konci kontak disini adalah sebagai penghubung dan pemutus hanya untuk dua kabel tersebut saja. Sehingga jika kita gantikan dengan menggunakan saklar biasa atau relay, kita hanya memerlukan satu buah relay saja. Namun untuk sepeda motor lainnya ada yang memerlukan beberapa kombinasi kabel untuk dapat sepeda motor tersebut menyala. Ini mengharuskan kita membuatkan rangkaian pengganti dari kombinasi tersebut dengan beberapa buah transistor ataupun relay.

Gambar 3. Wiring diagram Honda Astrea Legenda

Dari gambar diatas bisa diperhatikan pada bagian kunci kontak terdapat bahkan sampai enam kabel terhubung. Dua diataranya untuk menghubungkan kelistrikan, lalu empat sisanya berfungsi sebagai lock engine atau pengunci kelistrikan agar mesin tidak dapat menyala seandainya jalur supply tegangan kelistrikan terhubung secara paksa.

Gambar 4. Jumlah kabel kunci kontak Honda Astrea Legenda

Instalasi Kunci e-KTP RFID

Nah agar mudah dimengerti, kita akan mencoba instalasi pada sepda motor Honda Beat, dimana kita hanya memerlukan hubungan antara dua kabel saja. Yng artinya kita hanya memerlukan satu buah relay saja. Beriku ini adalah gambar instalasi alat kunci motor e-KTP RFID terhadap kunci kontak sepeda motor Honda Beat.

Gambar 5. Instalasi kunci motor e-KTP RFID pada sepeda motor Honda Beat

Untuk kalian yang ingin mendapatkan artikel terbaru dari website ini, silahkan daftarkan email kalian pada form berikut ini gratis :

Bergabung dengan 26 pelanggan lain


Dari gambar 5 kita bisa melihat, relay terhubung secara pararel terhadap jalur kunci kontak asli dari Honda Beat. Ini berarti fungsi dari kunci kontak Honda Beat masih berfungsi seperti aslinya dan kita tidak merubah jalur aslinya sama sekali.

Saya banyak membaca komentar dari video yang di upload, banyak yang menanyakan apakah kunci asli dari sepeda motor nya masih bisa dipakai atau tidak?

Dilihat dari gambar instalasinya saja kita sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa instalasi wiring dari Honda Beat tersebut sama sekali kita tidak ubah, sehingga masih berfungsi seperti tidak terjadi apa apa dengan instalasi aslinya. Karena kita hanya mempararel jalur kunci kontak nya saja. Jadi banyak yang salah tanggap dengan video tersebut. Kita bisa menjadikan sistem ini sebagai double keamanan dengan merangkainya seri, atau juga kita bisa menjadikan ini sebagai kunci alternatif dengan cara mempararel nya seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Untuk kalian yang ingin mengetahui hasil jadi intsalasinya, kalian bisa menyaksikan video yang sudah saya unggah di youtube berikut ini :

Komentar Facebook
Instalasi Kunci Motor e-KTP RFID Pada Sepeda Motor
Tag pada:            

Satu gagasan untuk “Instalasi Kunci Motor e-KTP RFID Pada Sepeda Motor

Tinggalkan Balasan