Di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menambahkan atau meng install library untuk software Arduino IDE.

Penambahan library ini diperlukan jika kalian ingin menggunakan fungsi dari beberapa module atau komponen tapi dengan sedikit baris coding. Jika kalian tidak menggunakan library dari komponen tersebut, maka kalian akan menggantinya dengan baris coding yang cukup panjang untuk dapat membaca atau membuat komponen tersebut berfungsi.

Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk menambahkan library arduino di software arduino IDE atau di project arduino kita. Beberapa caranya adalah berikut ini :

1. Copy paste file header ke project yang dibuat.

Salah satu cara untuk menambahkan library arduino IDE adalah dengan mengcopy langsung file header nya (file dengan extensi .h) ke folder dimana file project kita di simpan.

File ini harus dijadikan satu dengan file project agar pada saat dijalankan, file project dapat menemukan library atau file header yang diperlukan dalam folder root project tersebut.

Dimanakah kita mendapatkan file library tersebut?

Library tersebut bisa kita download di internet sesuai dengan sensor atau modul yang dipakai. Lalu kalian hanya perlu mengcopy saja file dengan extensi .h dan .cpp kedalam satu folder seperti contoh dalam foto.

2. Copy library ke dalam folder library Arduino.

Cara kedua ini hampir mirip dengan cara yang kita lakukan pertama. Yaitu kita harus mendownload dulu di internet library yang diperlukan. Lalu file tersebut kita extrak isi nya dalam sebuah folder ke folder dengan nama libraries yang ada pada “Documents” di komputer kita.

Jadi lokasi nya :

Documents > Arduino > libraries

Jika cara kalian sudah benar dalam meng copy folder tersebut, maka di software arduino IDE akan muncul nama folder sesuai dengan yang kalian copy kan tadi.

3. Manggunakan “Library Manager”.

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan “Library Manager”. Cara ini adalah cara yang termudah untuk menginstall library pada software arduino IDE.

Apakah cara ini selalu berhasil? Mengingat “Library Manager” merupakan fitur yang ada dari software arduino IDE itu sendiri.

Tidak, cara ini tidak selalu berhasil untuk menginstall beberapa library. Karena beberapa library yang ada belum masuk ke daftar instalasi di dalam library manager tersebut. Sehingga mengharuskan kita melakukan instalasi library dengan cara meng copy secara menual seperti tadi.

Library manager bisa kalian temui pada software arduino IDE dengan menekan tombol kombinasi keyboard : Ctrl + Shift + i

Maka akan muncul form seperti ini

Kalian hanya perlu mengetikkan library yang ingin dicari pada kolom pencarian, maka beberapa library yang sesuai akan muncul pada kolom hasil pencarian.

Intsalasi nya hanya perlu melakukan klik tombol install lalu tunggu sampai arduino selesai mendownload.

Nah itu dia tadi beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk menambahkan library pada software arduino IDE. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian.

Selalu kreatif dan tetap berusaha ya teman teman.

Komentar Facebook
Cara Menambahkan / Menginstall Library Arduino
Tag pada:                    

3 gagasan untuk “Cara Menambahkan / Menginstall Library Arduino

Tinggalkan Balasan